Penyebab Android Cepat panas Dan Tips Merawatnya

Ponsel berbasis OS (Operating System) memang berbeda dengan ponsel yang berbasis Platform seperti Java dan sekelasnya . Secara kinerja juga berbeda,. Dan yang paling mencolok adalah perbedaan dari aktifitas penggunaanya . Khususnya pengguna Android.

Pada umumnya orang membeli ponsel Android adalah karena menginginkan kemudahan mengakses informasi dan memainkan game dengan kualitas pro serta menjalankan aplikasi-aplikasi yang lebih nyaman daripada ponsel berbasis Java dan seangkatannya. Oleh karena itu aktifitas penggunaan Android bisa dibilang lebih besar ketimbang ponsel biasa . Apalagi semua ponsel ber OS Android mendukung Multitasking sehingga memungkinkan pengguna untuk membuka banyak aplikasi secara bersamaan.

Secara teknis ponsel berbasis Andrid memang mengizinkan penggunanya untuk menikmati semua fitur yang dibenamkan pada ponsel tersebut bahkan secara bersamaan, namun perlu diketahui juga bahwa pengguna harus bisa bijak untuk menggunakan semua itu.

Karena semua resiko tentu ditanggung pengguna. Misal saja Hp Android menjadi cepat panas dan baterai cepat rusak,Lag dan sebagainya.

Penyebab Android Cepat Panas


Penggunaan yang berlebihan tentu akan membuat ponsel Android kita menjadicepat panas khususnya di bagian belakang body atau lebih tepatnya dibagian baterai. Ha ini tentu saja menjadi sebuah kewajaran mengingat penggunaan yang tidak wajar. Namun apa yang terjadi jika penggunaanmasihh wajar namun ponsel masih saja cepat panas ?
Tentu ada faktor-faktor yang lain yang menjadi pengaruh utama dalam kasus ini. Dan dibawah ini akan saya jelaskan beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab Hp Android anda menjadi cepat panas .

Kotor
Kondisi ponsel/Hp yang kotor atau berdebu ternyata juga menjadi pengaruh terhadap kondisi mesin dari ponsel itu sendiri . Setiap ponsel Android dilengkapi dengan lubang-lubang kecil di bagian belakang body dengan tujuan untuk menyerap angin dari luar dan menjaga mesin tetap dalam kondisi stabil ( tidak panas ) , namun sialnya ternyata lubang itu dimanfaatkank oleh debu untuk masuk ke dalam dan membuat ponsel menjadi kotor.

Tipsnya adalah :
Lakukan pembersihan ponsel anda secara rutin dan selalu jaga kebersihan.

Kinerja berlebihan
Membuka banyak aplikasi secara bersamaan memang dimungkinkan di Android mengingat ponsel Android mendukung fitur multitasking. Namun membuka banyakk aplikasi terlalu banyak tentu akan berdampak pada kinerja prosesor. Terkadang kita tidak menyadari ada banyak aplikasi yang masih berjalan di latar belakang padahal tidak kita gunakan dan menggunakan aplikasi yang lain . Itu membuat ponsel anda terus bekerja secara terus menerus dan tentu hal itu akan membuat mesin cepat panas.

Tipsnya adalah :
Gunakan pinsel Android dengan bijak dan sesuai kebutuhan. Hal inii selain untuk menjaga kondisi Ponsel Android anda juga untuk menjaga hubungan anda dengan lingkungan.

Berpanas panasan
Menggunakan Hp dibawah teriknya sinar matahari bukanlah hal yang rumit untuk dipikirkan dan bukan hal yang menarik juga untuk dilakukan. Selain kulit nda akan gosong,berpanas-panasan dibawah sinar matahari juga berdampak pada mesin ponsel Hp Android anda.

Tipsnya adalah :
Gunakan atau letakkan ponsel Android anda ditempat yang bersuhu normal untuk tetap menjaga kondisi mesinnya tetap fit.

Kerusakan Baterai
Penggunaan secara terus menerus bahkan ketika kondisi Charging tentu bukanlah hal yang dianjurkan oleh vendor ponsel manapun. Selain anda menjadi tidak produktif dan membaur dengan kehidupan nyata, hal ini juga berkaitan dengan kondisi ponsel/Hp anda. Penggunaann yang berlebihan akan berdampak pada baterai cepat rusak. Biasanya kondisi ini tidak disadari dan efeknya adalah Hp menjadi cepat panas .

Tipsnya adalah :
Periksa kondisi baterai anda dan selalu gunakan produk yang asli dan berkualitas. Penggunaan baterai palsu atau merek yang aneh aneh hanya akan mengecewakan anda nantinya dan juga berdampak pada kerusakan ponsel Android anda.

Sinyal/Signal
Sinyal adalah hal yang sangat penting dan bahkan bahkan bisa dibilang paling penting bagi para pengguna Android. Apalagi yang aktif di sosial media seperti halnya Facebook,Twitter,Path,atau bahkan Youtube. Namun perlu diketahui juga bahwa kondisi sinyal juga berpengaruh ada kinerja Ponsel/Hp Android. Kondisi sinyal yang melemah tentu bukan hal yang baik untuk para pengguna Android, dan bukakn hal baik juga untuk ponsel Androidnya. Kenapa ?
Dalam kondisi sinyal buruk Android akan bekerja lebih keras hingga 2 kali lipat untuk tetap membuat dirinya tetap tersambung ke internet. Dan hal ini tentu saja berdampak pada kondisi mesin dan juga baterai .

Tipsnya adalah :
Hentikan penggunaan data ketika anda mengetahui kondisi sinyal menurun ataubahkan tidak ada sinyal.


Yap semoga dengan apa yang kami sampaikan diatas bisa menjadi referensi anda untuk menjaga kondisi ponsel Android anda tetap terjaga dalam kondisi prima dan awet.
Terimakasih telah membaca artikel mengenai Penyebab Android Cepat panas Dan Tips Merawatnya diatas dan selalu ikuti Update kami untuk mendapatkan informasi mengenai Gadget dan Android terbaru.



Previous
Next Post »

Posting Komentar

Gadget

[Android][pgallery]

Galeri Video

[Video][pvid]